History of SMAGA



Sejarah SMA 3 Samarinda
SMA 3 Samarinda, diresmikan tanggal 14 Agustus 1981, berlokasi di Jalan Juanda, di gang SMA 3 dan SMP 5,  dan dikukuhkan dengan SK Mendikbud RI pada tanggal 9 Oktober 1982. Dengan demikian Dies Natalies SMAN 3, jatuh pada tanggal 14 Agustus. Pada tahun ini SMAN 3 berusia 35 tahun, berikut nama – nama pemimpin yang pernah menjabat dalam kurun waktu 35 tahun di SMAN 3 :
1.      Alm. Bpk. Drs. Husinsjah
2.      Alm. Ibu. Dra. Tien Supriatin
3.      Alm. Bpk. Drs. Sjahbandi
4.      Bpk. Drs. Mugni Baaharudin
5.      Alm. Bpk. Drs. Zainal Abidin
6.      Alm. Bpk. Drs. H.M Ihsan Hasani
7.      Ibu. Dra. Hj. Darmiyah.Mm
8.      Bpk. Drs. H. Qomaruddin Djamsi,Mm
9.      Bpk. Abdul Rozak Fahruddin, M.Pd
Pada perkembangannya SMAGA (SMA 3 Samarinda) mengalami banyak perubahan yang signifikan di bawah kepemimpinan Bpk. Abdul Rozak Fahruddin. Banyak prestasi yang diraih siswa –siswi SMAGA, melalui even lomba yang diadakan oleh lembaga pendidikan negeri maupun swasta. Baik yang berkaitan dengan science, seni, maupun olahraga.
Setelah ditanda tanganinya MoU, membuat SMAGA menjadi satu – satunya sekolah mitra Rep Germany dalam program PASCH di Provinsi Kalimantan, Khususnya di Kalimantan Timur. Karena itu SMAGA mulai mendapat tempat di hati masyarakat dan tidak lagi dipandang sebelah mata.  Karena itu ucapan “terimakasih” teruntuk Ibu Sri Widayati, selaku penggagas program ini. Karena dimulai dari sinilah prestasi – prestasi itu lahir.
Tidak lupa ucapan terimakasih untuk Ibu Darma Dianingsih, karena telah bekerja keras mengantarkan anak asuhnya, meraih prestasi pada peminatan Fisika, Kimia, Matematika, dan  Biologi. Hampir seluruh peminatan secara merata memiliki perkembangan yang signifikan, SMAGA pernah mengikuti even yang diadakan oleh BINUS, dan mampu meraih gelar “BEST HIGH SCHOOL” pada Asian English Olympic 2015, dengan pembina Mrs. Sutiati. Bahkan prestasi pada pelajaran agama yang redup, kini mulai bersinar kembali dengan di kantonginya gelar Juara I CCA dalam lomba MTQ tingkat pelajar tahun ini, dibawah naungan Bpk. M. Latief Fauzi.
Selain sekolah PASCH yang menjadi mascot, team Basket juga merupakan kebanggan kita, team Srikandi yang cukup disegani lawan – lawannya telah mampu meraih kejuaraan 3 kali berturut – turut. Dukungan setia ULTRAS yang senantiasa meneriakkan yel –yel hingga memenuhi gedung olahraga “Pantang menyerah, Majulah SMAGAku, merah berani, putih sejati, takkan berhenti sampai mati”.  Prestasi lain juga telah di raih oleh ekskul Dance, Pencak Silat, Futsal, dan Tenis, dll.
SMAGA yang dulunya hanya sekolah rintisan yang terletak di dalam hutan, melewati gang kecil, kini engkau telah menjadi “First Choice” karena prestasimu, tak perlu lagi mencari guru prestasi karena telah duduk manis di SMAGA, beliau adalah Mrs. Rabiatul Adawiyah.
Mars SMAGA, yang selalu bergema saat upacara bendera, tidak lagi hanya sekedar kata – kata, walaupun penciptanya telah tiada. Kini syair lagu itu berubah menjadi do’a, sekaligus sebagai  pembakar semangat siswa – siswi SMAGA untuk terus berprestasi.


Dikutip dari FB “Julinah Roesman”

Komentar